Pemerintah Perkuat Pengamanan Perbatasan di Laut

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate, S.E., mendukung penguatan Bakamla RI dalam pengamanan perbatasan laut Indonesia. Hal tersebut disampaikannya saat menerima Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos.,M.M., di Ruang Rapat Laksda TNI Boediharjo, Kantor Kementerian Kominfo, Jl. Medan Merdeka Barat No. 9, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2020).

Didampingi Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Retiono Kunto H., S.E., Direktur Kebijakan Keamana Laut Laksma Bakamla Samuel H. Kowaas, M.Sc., Direktur Operasi Laut Suwito, S.E., M.Si. (Han) dan Direktur Data dan Informasi Laksma Bakamla Dwi Aris Priyono, S.T., kedatangan Laksdya TNI Aan Kurnia disambut baik dan penuh keakraban oleh Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate.

Pada kesempatan tersebut Kepala Bakamla RI menyampaikan undangan kepada Menteri Kominfo untuk menjadi pembicara dalam seminar Pengelolaan Perbatasan RI pada tanggal 15 Desember 2020 dihari Ulang Tahun Bakamla RI. Laksdya TNI Aan Kurnia melaporkan bahwa wilayah perbatasan laut di Indonesia ada 10 negara dan semuanya belum selesai dan hari ini yang masih hangat adalah perbatasan di laut Natuna Utara yang berbatasan dengan Vietnam dan yang lebih hotnya lagi adanya Nine dash line China yang beririsan dengan ZEE kita . “Garis yang dibuat sepihak oleh China tanpa melalui konvensi hukum laut di bawah PBB atau United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) Nine Dish Line China,” jelas Laksdya TNI Aan Kurnia.

Dilaporkan pula bahwa perbatasan laut ini tidak dapat dikerjakan oleh penegak hukum sendiri, perlu hadir diperbatasan simbol-simbol negara seperti TNI AL, Bakamla RI dan KKP yang mempunyai kewenangan sampai ZEE tetapi itu tidak menyelesaikan masalah, kami butuh kecanggihan dibawah pimpinan Menteri Kominfo hadir disana. “Apabila memungkinkan kapal Bakamla RI dapat dipasangkan BTS Mobile guna mengelola tata kelola perbatasan yang belum selesai,”sambung Laksdya TNI Aan Kurnia.

BERITA REKOMENDASI