Pemerintah Perlu Lindungi Industri Pasar Domestik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menilai Indonesia perlu segera memperkuat perlindungan terhadap pasar domestik. Perlindungan perlu dilakukan karena perekonomian China terus menurun. 

Pelemahan ekonomi Negeri Tirai Bambu dikatakannya bisa berpotensi menekan industri di dalam negeri. Ia menjelaskan industri Tanah Air bisa tertekan ketika ekonomi China melemah.

Pasalnya, keterpurukan ekonomi China akan  menekan kinerja ekspor  Indonesia. Sebab, pelemahan ekonomi China bisa membuat permintaan akan produk impor dari Indonesia berkurang.

Tak hanya menekan ekspor, pelemahan ekonomi China juga bisa membuat Indonesia kebanjiran barang impor asal China yang tak terserap masyarakat di sana. Pasalnya, pelemahan ekonomi membuat daya beli masyarakat China ikut melorot, sehingga industri akan berusaha menutupnya dengan memasuki pasar-pasar negara lain.

"Ini bisa membuat China membanjiri Indonesia, itu yang kami khawatirkan. Untuk itu, perlu ada perlindungan pasar dalam negeri," kata Airlangga. (*)

BERITA REKOMENDASI