Pemerintah Pertimbangkan Gugat Perusahaan Australia

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Indonesia tengah mempertimbangkan mengajukan gugatan terhadap perusahaan Australia, PTTEP Australasia (Ashmore Cartirer) Pty. Ltd. atau PTTEP AA, terkait kasus tumpahan minyak di Montara, Laut Timor, Nusa Tenggara Timur (NTT), sembilan tahun lalu.

Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM, Cahyo R Muzhar, mengatakan gugatan ini kemungkinan dilayangkan lantaran pemerintah selama ini tak melihat itikad baik dari PTTEP AA untuk menyelesaikan kasus pencemaran lingkungan tersebut.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan itu lebih lanjut, Cahyo menjawab, "Ya. Kita mencari settlement kan. Ini opsi yang logis juga. Kalau enggak ada settlement mau bagaimana? Dibentuk tribunal kan untuk menyelesaikan sengketa."

Cahyo juga menyatakan belum ada tenggat waktu Indonesia akan mengajukan gugatan tersebut sebab pemerintah masih membuka jalur dialog. Selain itu, dia juga mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama sejumlah pihak terkait masih menghitung kerugikan ekonomi, lingkungan, dan sosial akibat kasus tumpahan minyak ini. (*)

BERITA REKOMENDASI