Pemerintah Siap Bantu Alat Genose ke Lokasi Test UTBK

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRjogja.com – Pemerintah akan membantu Genose ke sejumlah lokasi test ujian tulis berbasis komputer (UTBK) SBMPTN 2021. Prakteknya nanti diserahkan ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) ,demikian Dirjen Dikti Nizam ,saat meninjau test UTBK di Kampus UI,Salemba,Jakarta Rabu (14/4 2021)

Dengan Genose deteksi awal calon mahasiswa baru dinilai Nizam terjangkau ,selain juga meringankan bagi calon mahasiswa baru, karena murah dan terjangkau serta akurat, tetapi belum semua rumah sakit atau perguruan tinggi memiliki Genose.

“Oleh karena itu pemerintah (Kemdikbud) berupaya akan mencarikan solusi dengan Genose ini,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof Nizam, mengatakan sejauh ini pelaksanaan UTBK berjalan lancar. Meskipun, ia tak menampik ada sejumlah kendala yang terjadi.

“Misalnya, sempat terjadi insiden kecil seperti mati lampu, namun dengan kerja sama banyak pihak, insiden tersebut bisa teratasi, ” kata Nizam.

Pelaksanaan UTBK juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari pengecekan suhu peserta, penyemprotan disinfektan pada sarana UTBK, dan lainnya. Nizam menambahkan pelaksanaan UTBK pada 2021 lebih baik dari tahun sebelumnya. Pada UTBK 2020 sempat ada kekhawatiran pelaksanaan UTBK dapat menjadi kluster baru penyebaran COVID-19. Akan tetapi hal itu tidak terbukti.

“Pelaksanaan UTBK tahun ini cenderung minim masalah dan lebih tenang, karena kami menggali pengalaman dari tahun sebelumnya. Apa yang sudah baik direplikasi pada tahun ini,” ucap Nizam.

BERITA REKOMENDASI