Pemerintah Siap Dialog Soal, Tapi Tak Singgung Referendum

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto menyatakan pemerintah siap membuka ruang dialog dengan semua pihak untuk memperbaiki situasi di Papua. Namun dialog itu tak akan membahas referendum atau kemerdekaan Papua.

Wiranto mengatakan berbagai upaya sudah dilakukan agar situasi di Papua kembali pulih. Termasuk dengan bertemu tokoh-tokoh Papua seperti yang dilakukannya.

"Kita tidak saling salah menyalahkan tapi kita bicara solusi dan pulihkan situasi sehingga dialog bisa dilakukan," kata Wiranto di Kantor Presiden, Jakarta.

Saat bertemu para tokoh itu Wiranto mengaku banyak hal yang disampaikan masyarakat terkait situasi yang perlu diperbaiki.

Dialog seperti ini menurutnya yang perlu dibangun dan bukan tindakan kekerasan seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. 

Dialog, kata Wiranto tidak mungkin dibangun saat rusuh sehingga ia menyarankan saat ini warga Papua tenang dulu. Namun ia mengingatkan dialog yang akan dibangun sama sekali tak terkait dengan isu referendum atau kemerdekaan. (*)

BERITA REKOMENDASI