Pemerintah Siapkan Dana Sembako Bagi TKI

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan pemerintah akan menyiapkan kebutuhan bahan pokok bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang masih terjebak di Malaysia usai pemerintah negara tersebut menerapkan kebijakan lockdown.

“Mereka dalam keadaan yang sulit, apalagi dilakukan lockdown di sana, maka untuk itu kedutaan besar kita di Malaysia menyiapkan sembako untuk mereka,” kata Ma’ruf.

Lebih lanjut, Ma’ruf merinci mekanisme penyaluran kebutuhan tersebut. Menurutnya, bantuan akan disalurkan melalui mekanisme dana bahan pokok bagi para TKI. Nantinya, dana tersebut bisa digunakan para pahlawan devisa untuk membeli kebutuhan pokoknya masing-masing di Malaysia.

Ma’ruf menyatakan pemerintah tengah mematangkan besaran dana yang akan digelontorkan untuk membantu TKI. Besaran dana akan sesuai dengan kebutuhan bahan pokok bagi TKI di Malaysia.

“Sebab kalau mengirim sembako dari sini, pasti akan lebih rumit. apalagi di sana dalam keadaan lockdown ya,” kata dia.

Selain itu, Ma’ruf menyatakan pemerintah tengah memberlakukan pengetatan bagi para TKI di Malaysia yang akan kembali ke Tanah Air dari pelbagai pintu masuk.

“Sekarang dilakukan pengetatan bagi mereka warga negara kita yang kembali melalui pintu udara, darat maupun laut,” kata Ma’ruf.

Mantan Rais Aam PBNU itu menyatakan pengetatan itu bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus corona di Indonesia. Ia khawatir bila pengetatan tidak dilakukan, para TKI tersebut akan menambah jumlah orang dalam pengawasan (ODP) virus corona di Indonesia. (*)

BERITA REKOMENDASI