Pemerintah Siapkan Langkah Penuhi Oksigen dan Obat untuk Covid

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRjogja.com – Pemerintah siapkan langkah penuhi kebutuhan oksigen-obat untuk COVID. Pemerintah juga mendatangkan 7.100 unit konsentrator oksigen dan menyiapkan 7 unit generator oksigen.

Demikian Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dedy Permadi,dalam keterangan pers virtual, di Jakarta, Kamis.(8/7 2021)

Dedy mengungkapkan, dengan penambahan kasus yang tinggi setiap harinya, diperkirakan suplai oksigen yang dibutuhkan akan terus meningkat hingga sekitar 1.700 ton per hari di tanggal 20 Juli mendatang. Dibutuhkan pula sekitar 4.700 konsentrator oksigen untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Koordinator PPKM Darurat Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Luhut Binsar Pandjaitan) telah meminta kepada Kemenperin untuk segera merealisasikan ketersediaan oksigen dan menemukan solusi terbaik bagi permasalahan produksi oksigen, isotank dan tabung oksigen. Dengan demikian, kita harapkan semua dapat berjalan maksimal pada hari Minggu, 11 Juli 2021,” katanya .

Oleh karena itu pihaknya meminta Kemenperin untuk menyiapkan tiga unit kapal untuk memastikan ketersediaan liquid oxygen bagi yang dapat dipenuhi melalui pasokan industri lokal maupun dengan cara impor.

Pemerintah juga mendatangkan 7.100 unit konsentrator oksigen dan menyiapkan 7 unit generator oksigen.

“Pesan Koordinator PPKM Darurat jelas dan tegas, mudahkan semua aturan untuk kelancaran suplai oksigen dan harus sesuai dengan acuan harga yang telah ditetapkan. Tidak ada korupsi! Hukuman pasti menanti bagi mereka yang melanggar hukum dan hukuman akan diperberat apabila mereka mengeksploitasi penderitaan masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Dedy memastikan, pemerintah tidak hanya akan mempercepat pengadaan obat dan oksigen tetapi juga telah meminta Kabareskrim Polri untuk menyelidiki potensi penimbunan obat-obatan.

“Sekali lagi, mereka yang menari diatas penderitaan orang banyak adalah musuh bagi masyarakat,” tegasnya.

Penambahan pasien baru Covid-19 hingga Kamis (8/7) pukul 12:00 WIB mencapai sebanyak 38.391 orang. Penambahan ini kembali menembus rekor kasus baru Covid-19. Dengan begitu total kasus Covid-19 di Indonesia sebanyak 2.417.788 orang.

Sementara itu, tercatat ada 852 kasus kematian baru, sehingga totalnya 63.760 orang. Di sisi lain, sebanyak 21.185 pasien tercatat sembuh hari ini sehingga totalnya menjadi 1.994.573 orang. Ada pun kasus aktif tercatat sebanyak 359.455 orang.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI