Pemerintah Sinergikan PMDSU dengan PT Luar Negeri

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam di Jakarta menjelaskan Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) bersinergi dengan perguruan tinggi luar negri.

Menurut Nizam PMDSU akan lebih kuat jika diintegrasikan dan disinergikan dengan perguruan tinggi terbaik di dunia. Mahasiswa bisa satu semester sebagai bagian dari penelitiannya di mitra-mitra luar negeri, kemudian menggandeng program fast track dengan PMDSU. Jadi mahasiswa S1 bisa lanjut S2, dan S3 dalam kurun waktu enam tahun sudah bisa selesai semuanya, sehingga usia 25 tahun sudah bisa berkarya dan memiliki produktivitas lebih panjang. “Saya berharap agenda riset dari mahasiswa PMDSU lebih dari 50%. Risetnya datang dari hilir, yaitu industri, masyarakat, dan pemerintah daerah,” kata Nizam.

Nizam menjelaskan pentingnya pengembangan sumber daya manusia melalui para doktor dan master yang merupakan ujung tombak dari investasi negara untuk membangun ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghilirkan hasil-hasil penelitian tersebut untuk menggerakkan industri. “Dalam membangun riset, membutuhkan biaya infrastruktur. Oleh karena itu, sinergi antara lembaga-lembaga penelitian dengan perguruan tinggi perlu untuk dilakukan,” kata Nizam.

BERITA REKOMENDASI