Pemerintah Terus Perjuangkan Kesejahteraan Guru

JAKARTA, KRJOGJA.com – Fokus pendidikan adalah murid murid dan murid, karena saya percaya investasi yang paling berarga untuk investasi adalah untuk investasi sumber daya manusia, tidak terkecuali investasi untuk para guru .

Melalui kebijakan rekrutmen, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, dan peningkatan kesejahteraan guru yang terus kami perjuangkan. Demikian Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan Hari Guru Sedunia secara virtual,Kamis (8/10 2020).

“Kesejahteraan guru yang terus kami perjuangkan. Pekerjaan kami masih banyak dan jalan kami masih panjang. Untuk itu dengan segala kerendahan hati, saya mengajak kita semua untuk melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk di masa pandemi, demikian Nadiem.

Mendikbud juga menyampaikan apresiasi, yang tak terhingga kepada para guru yang tak Kenal pamrih dalam memerdekakan murid-muridnya dari keterbatasan. Dan Tak Kenal lelah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga para guru terus memimpin ikhtiar kita bersama dalam memajukan pendidikan.

Setiap 5 Oktober kita peringati Hari Guru sedunia. Hari yang dicanangkan untuk mengakui status dan peran penting guru. Peringatan tahun ini mengangkat tema ‘guru memimpin dalam krisis menata masa depan’.

UNESCO melaporkan hampir 1,6 miliar peserta didik terdampak dari penutupan sekolah. Pandemi covid 19 juga berdampak bagi lebih dr 63 juta guru di seluruh dunia.

“Terlepas dari fakta yang tidak kita inginkan ini. Kita masih melihat kiprah luar biasa dari para guru. Para guru dengan hati nurani, dengan segala keterbatasan memilih untuk melanjutkan mengajar. Bagaimanapun caranya daripada murid-muridnya sama sekali tidak mendapatkan pembelajaran.”

Hari guru sedunia tahun ini perlu kita maknai secara khusus. Dimana peran guru adalah sangat mulia. Para guru tidak hanya memastikan kelangsungan pembelajaran tapi juga berperan lebih dalam mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan murid mereka. (Ati)

BERITA REKOMENDASI