Pemerintah Tetap Proses Hukum Awak Kapal Iran

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD memastikan pihak berwenang akan memproses secara hukum para awak dua kapal super tanker berbendera Iran dan Panama yang ditangkap karena melanggar hukum di perairan Indonesia pada Januari lalu.

“Kapal serta awaknya sekarang masih ditahan di Batam untuk selanjutnya akan ada proses hukum. Kita akan melakukan proses hukum karena itu kedaulatan kita, kedaulatan teritori maupun kedaulatan hukum kita,” kata Mahfud.

Ia memastikan bahwa pihak berwenang sudah menahan dan akan melakukan proses hukum terhadap awak dari kapal MT Horse milik Iran dan MT Freya Panama yang ditahan di perairan Pontianak pada akhir Januari lalu. Bakamla mendapati awak kedua kapal tengah melalukan aktivitas ilegal.

Mantan Menteri Pertahanan itu memastikan akan terus mengawal proses hukum terhadap awak dua kapal yang diduga tak hanya melakukan satu pelanggaran itu. Kasus ini, kata Mahfud, mesti dikawal hingga tuntas lantaran menyangkut kedaulatan Indonesia di wilayah perairan. (*)

BERITA REKOMENDASI