Pemudik Diimbau Tak Berhenti Lama di Rest Area

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan mengimbau para pemudik Lebaran 2019 untuk tidak berhenti terlalu lama di rest area atau lokasi peristirahatan yang ada di jalan tol. Imbauan itu dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan di sekitar rest area.

"Diharapkan teman-teman yang masuk rest area jangan lama-lama," kata Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu I Nyoman Sukayadnya.

Di sisi lain, Jasa Marga sebelumnya berencana melakukan penutupan sementara di sejumlah rest area yang terletak di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Penutupan rest area itu berlangsung selama 12 jam, yakni mulai pukul 12.00-24.00 WIB.

Namun, dengan mempertimbangkan masukan dari sejumlah pihak terkait, termasuk diskresi dari pihak Kepolisian, maka Jasa Marga tidak akan menutup rest area secara penuh dan akan melakukan rekayasa buka tutup rest area.

Keputusan itu diambil sebagai bagian dari tindak lanjut Rapat Koordinasi dan Evaluasi Arus Balik hari pertama, antar Jasa Marga, Korlantas Polri, serta Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub pagi tadi di Posko Pantau Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama. 

"Melakukan rekayasa buka tutup rest areasecara situasional jika terjadi kepadatan di rest area," kata Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti.

Dalam rapat tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyampaikan pihaknya bakal mendukung penuh pelaksanaan buka tutup rest area itu.

Ia menyebut pihak kepolisian juga bakal menindak tegas pengguna jalan yang berhenti sembarangan di bahu jalan untuk mengakses rest area sehingga mengakibatkan kepadatan panjang di lajur. (*)

BERITA REKOMENDASI