Pemudik Diminta Tak Hanya Andalkan Jalan Tol untuk Cegah Macet

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan masyarakat yang hendak mudik, untuk tidak mengandalkan jalan tol ketika terjadi penumpukan kendaraan.

Direktur Lalu Lintas Kemenhub Pandu Yunianto dalam keterangannya mengatakan, pemudik sebaiknya tidak fokus menggunakan jalan tol, karena pemerintah sudah menyiapkan piihan lain berupa jalan nasional yang saat ini kondisinya sudah diperbaiki.

"Jangan fokus jalan tol, jalan Pantura sudah diperbaiki, jalan Selatan sudah diperbaiki‎," kata Pandu, Minggu (3/6/2018).

‎Dengan adanya pilihan jalan diharapkan kepadatan lalulintas arus mudik dapat terurai‎, sehingga dapat menghindari kemacetan panjang pada jalan tol. Karena ada alternatif jalur lain.

"Kita menyiapkan pra sarana jalan nasional dan tol, kemantapan jalan diruas jalur mudik 90 persen. Ini kita upayakan dipertahankansehingga berjalan dengan baik," tuturnya.

Pandu mengungkapkan, saat ini jalan nasional tersebar pada tiga jalur‎ yaitu 1.341kilo meter (km) di Pantai Utara (Pantura) Jawa, 1.200 kilo meter (km) di jalur tengah dan 1.400 km di jalur selatan. Khusus jalur selatan, memiliki daya tarik tersebdiri, karena terdapat tujuan wisata.

"Ini ruas jalan potensial untuk dieksplor. Di selatan sangat menarik ruasnya, baik ada destinasi wisata, mudik jadi asik," tandasnya.(*)

BERITA REKOMENDASI