Penanganan Corona, Kemenkeu Tambah Anggaran Kemenkes Rp 25 T

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan tambahan anggaran sebesar Rp25 triliun untuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada 2020. Penambahan dilakukan untuk penanganan penularan virus corona di Indonesia.

Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kunta Nugraha mengatakan penambahan anggaran untuk Kemenkes diperlukan untuk pembiayaan pasien virus corona. Maklum, jumlah pasien yang terinfeksi terus bertambah setiap harinya.

“Permintaan Kementerian Kesehatan (penambahan) Rp25 triliun untuk pembiayaan pasien covid-19. Ini kan untuk pasien covid-19 yang disampaikan angkanya kan naik terus ya. Ini menjaga supaya pembiayaannya ada,” ungkap Kunta.

Kendati ada penambahan anggaran untuk Kemenkes, Kunta memastikan pemerintah belum akan menaikkan alokasi dana untuk penanganan pandemi virus corona di sektor kesehatan yang sebesar Rp87,55 triliun. Menurutnya, angka itu sudah memperhitungkan penambahan pasien yang terinfeksi virus corona sampai akhir tahun.

“Sampai akhir tahun itu dipekirakan ada sekian ratus ribu orang yang terkena virus corona, yang masuk rumah sakit berapa dan pasien berapa, ini semua yang kami tampung di Rp87,55 triliun,” jelas Kunta.

Sejauh ini, realisasi insentif fiskal untuk sektor kesehatan baru sebesar 4,68 persen. Artinya, jumlah dana yang dibelanjakan baru Rp4,09 triliun dari total dana yang dianggarkan. (*)

BERITA REKOMENDASI