Penanganan Dampak Ekonomi Corona Dinilai Baik

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengklaim penanganan pandemi Covid-19 dan dampak ekonominya di Indonesia sudah dilakukan oleh pemerintah secara maksimal.

Itu tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ia mengakui angka pertumbuhan ekonomi RI jatuh ke minus 5,32 persen pada kuartal II 2020 kemarin.

Tapi, kejatuhan itu tak sebesar negara lain, termasuk tetangga di Asia Tenggara, seperti Malaysia yang minus 17,1 persen, Filipina minus 16,5 persen, dan Singapura minus 12,6 persen.

“Kebijakan Pak Presiden tak lockdown Indonesia itu merupakan kebijakan yang sangat tepat karena seperti yang dicanangkan kepada komite ada gas dan rem, harus seiring kesehatan dan ekonomi. Tapi bukan kebalik ekonomi dan kesehatan,” kata Erick.

Sementara berkaitan dengan pandemi, Erick mengatakan upaya maksimal juga sudah dilakukan pemerintah. Ia membantah tudingan beberapa kalangan yang menyebut pemerintah gagal total menangani pandemi corona. (*)

BERITA REKOMENDASI