Pencabutan Izin Abu Tours Tak Legakan Jemaah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Walaupun izin Abu Tours sudah dicabut Kementerian Agama, sebanyak 400 jemaah umrah dari Papua Barat berharap tetap bisa diberangkatkan ke Mekkah, Arab Saudi.

"Kami berharap langkah yang diambil Kementerian Agama yang mencabut izin operasional travel Abu Tours tidak mengganggu pemberangkatan jamaah umrah ke Mekkah," ujar agen travel Abu Tours Cabang Papua Barat Saharuddin di Makassar.

Jemaah umrah dari Provinsi Papua Barat yang akan berangkat ke Arab Saudi pada Jumat (29/03/2018) pagi sekitar pukul 05.00 Wita melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar berjumlah sekitar 400 orang yang tergabung dengan jemaah lainnya dari berbagai daerah. Saharuddin mengaku dirinya datang dari Papua Barat karena sudah mendapat nomor kursi penerbangan, visa dan paspor untuk diberangkatkan ke Arab Saudi.

Oleh karena itu, dirinya berharap kepada pihak Kementerian Agama (Kemenag) dan Polda Sulawesi Selatan agar permasalahan hukum yang dihadapi manajemen travel Abu Tours tidak mengganggu pemberangkatan jamaah yang sudah mendapatkan fasilitas perjalanan umrah itu.

Sebelumnya, Jumat (23/03/2018), penyidik Polda Sulsel menetapkan pimpinan travel Abu Tours, HM, sebagai tersangka karena perusahaan travel umrah itu tidak mampu memberangkatkan 86.720 orang jemaah ke Arab Saudi. Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan dalam menangani kasus tersebut pihaknya berkoordinasi intensif dengan pihak Kementerian Agama Sulsel. (*)

BERITA REKOMENDASI