Pendaftar Relawan PON 2016 Capai 8.000 Orang

Editor: Ivan Aditya

BANDUNG (KRjogja.com) – Jumlah pendaftar relawan PON XIX/2016 mencapai lebih dari 8.000 orang. Angka itu hampir 4 kali lipat dari kuota relawan yang hanya 2.260 orang.

Koordinator Rekrutmen Relawan, Bidang SDM PB PON XIX Jabar Embun Pragnyamartha mengatakan, para pendaftar nantinya akan diseleksi ulang. "Diawali dengan daftar ulang pada 30 di Bogor dan Cirebon serta 31 Juli 2016 di Bandung dan Ciamis," katanya.

Menurut Embun calon relawan sebelumnya telah mendaftar secara online dengan menyertakan KTP, Kartu Keluarga, dan Izasah. Sementara dalam daftar ulang, mereka harus melalui tahap wawancara.

Jika lulus pada seleksi wawancara tersebut, nama mereka akan diumumkan pada 2 Agustus 2016 di laman resmi PON/Peparnas Jabar. Setelah itu, mereka diharuskan menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan Surat Keterangan Kesehatan.

"Untuk dua surat keterangan tersebut, akan kami dibuatkan secara kolektif supaya para relawan tidak banyak mengeluarkan biaya," tutur Embun.

Setelah terpilih, kata Embun, para relawan akan disebar sesuai domisili mereka ke 16 kota/kabupaten yang menjadi lokasi venue PON XIX. Sebaran seperti itu diharapkan memudahkan para relawan dalam menyiasati transportasi dan memahami keunggulan daerah setiap venue PON. (*)

BERITA REKOMENDASI