Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Lagi Mulai Hari Ini

Editor: KRjogja/Gus

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pemerintah segera membuka pendaftaran gelombang IV program kartu prakerja mulai Sabtu (8/8) pukul 12.00 WIB. Jumlah kuota penerima kartu prakerja juga ditingkatkan jadi 800.000 orang. Program kartu prakerja yang semula hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas serta daya saing angkatan kerja, kini juga digunakan untuk pengembangan kewirausahaan.

Langkah ini diambil usai Pemerintah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang pengembangan lompetensi kerja melalui program kartu prkerja, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang pengembangan kompetensi kerja melalui program kartu prakerja.

“Terdapat sejumlah perubahan dalam Permenko 11/2020 ini. Program kartu prakerja yang semula hanya bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan produktivitas serta daya saing angkatan kerja, kini juga digunakan untuk pengembangan kewirausahaan,” kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono, selalu Sekretaris Komite Cipta Kerja dalam Konferensi Pers yang digelar secara virtual, di Jakarta, Jumat (7/8).

Dikatakan, Permenko ini juga memberikan prioritas pada pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak Pandemi Covid-19, namun belum tersentuh oleh bantuan sosial.

Dipaparkan, besaran nilai insentif yang akan diberikan masih sama dengan yang ditetapkan pada gelombang-gelombang selanjutnya, yakni sebesar Rp 3,55 juta. Dengan rincian, insentif tersebut terdiri atas voucher Rp 1 juta untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker. (Lmg)

BERITA REKOMENDASI