Penduduk Miskin Diperkirakan Bertambah Jadi 30 Juta Jiwa

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Bank Dunia memperkirakan jumlah penduduk miskin di Indonesia akan meningkat menjadi 30 juta jiwa pada tahun ini. Peningkatan jumlah penduduk miskin semakin tinggi karena tekanan ekonomi akibat pandemi virus corona atau covid-19.

Ekonom Senior Bidang Makroekonomi, Perdagangan, dan Investasi Bank Dunia Ralph van Doorn mengatakan jumlah penduduk miskin kemungkinan akan bertambah sekitar 5,6 juta hingga 9,6 juta orang pada tahun ini. Dari asumsi itu, tingkat kemiskinan naik sekitar 2,1 persen sampai 3,6 persen.

“Perkiraan awal menunjukkan bahwa pandemi ini dapat meningkatkan kemiskinan antara 5,6 juta hingga 9,6 juta orang miskin tambahan dibandingkan dengan tahun 2020 tanpa pandemi,” ungkap Ralph.

Asumsi ini muncul dari proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang turun dari kisaran 5 persen pada tahun-tahun sebelumnya menjadi hingga 1 persen pada tahun ini. Hal ini terjadi akibat aktivitas ekonomi masyarakat dan industri yang terhenti di tengah pandemi virus corona.

Saat ini, tingkat kemiskinan di Indonesia berada di angka 9,22 persen. Sementara jumlah penduduk miskin berkisar 24,79 juta pada September 2019. (*)

BERITA REKOMENDASI