Penerbangan Haji Gelombang I Berakhir

Editor: Ivan Aditya

MADINAH, KRJOGJA.com – Sabtu (18/06/2022) penerbangan haji gelombang 1 berakhir, yaitu dari embarkasi langsung ke Bandara AMAA Madinah. Sedang Minggu (19/06/2022) akan dimulai penerbangan gelombang II, yaitu dari Embarkasi langsung ke Bandara King Abdul Azis Jeddah. Selanjutnya jemaah dibawa ke Makkah. Usai pelaksanaan haji mereka baru ke Madinah.

Juru Bicara (Jubir) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Akhmad Fauzin dalam konferensi pers menjelaskan, sebanyak 39.914 jemaah telah diberangkatkan ke Madinah. Dari jumlah itu, sebanyak 14.245 jemaah yang tergabung dalam 36 kloter sudah diberangkatkan dari Madinah ke Makkah.

Sementara itu jemaah DIY, yang sampai saat ini masih di Madinah Al-Munawwaroh, ditempatkan di hotel berbintang dan bagus. Karena baru awal menempati, sehingga belum hafal, ada jemaah yang salah masuk hotel dan sampai 2,5 jam tidak ketemu kamarnya.

“Kemaren habis salat Isya ada jemaah kita salah masuk ke hotel. Kebetulan lobi hotel dan nama hotel hampir sama, dari jam 21.00 waktu Saudi sampai jam 23.30 waktu Saudi ia hanya naik turun tangga nyari teman tidak ketemu-ketemu. Setelah cukup lama baru telepon teman satu kamar. Akhirnya dijemput oleh temannya dan pulang sudah jam 23.30,” kata Edy, jemaah KBIHU Ar Raudhah kepada KRJOGJA.com.

Sedang Ketua Kloter 18-SOC, Nurhuda, kepada KR menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan para Ketua Regu dan Ketua Rombongan (Karu-Karom). “Kami sampaikan juga ke karom dan karu jemaah bisa masuk sendiri ke Raudhah pakai aplikasi eatamarna. Sektor juga menjadwalkan ke Raudhah dua hari sebelum ke Makkah, ” katanya sambil menambahkan semua jemaah sehat.

Dijelaskan, kemarin usai Subuh jemaah berziarah ke Makam Baqi’, tak jauh dari Masjid Nabawi. Setiap sekitar satu jam sebelum masuk waktu salat wajib, jemaah sudah ke masjid.

Sementara itu jemaah DIY Kloter 20 SOC Sabtu pagi usai Subuh tiba di hotel Madinah. Menurut Ust Helmy, pembimbing Hajar Aswad Kota, jarak hotel dengan Masjid Nabawi sangat dekat.”Jemaah dalam kondisi sehat semua,” katanya.

Terakhir, jemaah DIY kloter 21-SOC mendarat di Bandara AMAA Madinah dijadwalkan pukul 20.25 WAS (00.25 WIB) tadi malam. Selanjutnya mereka dibawa ke hotel yang akan ditempati sekitar 8 hari di Madinah.

Jemaah DIY di setiap kloter juga didampingi petugas daerah. Mereka adalah petugas bidang pelayanan umum, yaitu Muhammad Zulazmi S STP, Totok Suharto SKM MKes, Wahadi SKM MPH, dan Suryanto SPd MPd, serta petugas bidang pelayanan kesehatan, yaitu dr Jayanti Dwiwardini, dr Cholis Nur Mustalimah MPH, dr Zawidatul Husna SP KFR dan dr Desy Kurniawati. (Fie)

BERITA REKOMENDASI