Penerimaan Bea dan Cukai 2019 Lampaui Target

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Penerimaan bea dan cukai se0panjang 2019 telah melampaui target. Tahun ini, target penerimaan bea dan cukai dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dipatok sebesar Rp208,8 triliun.

"Kami belum bisa sampaikan angka detailnya. Tapi alhamdulillah bea dan cukai sudah lampaui target, meskipun tentunya angkanya belum bisa kami sampaikan," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian, Keuangan Heru Pambudi.

Heru merincikan penerimaan tersebut ditopang oleh setoran cukai minuman mengandung etil alkohol (MMEA) dan cukai rokok. Ia bilang dua jenis cukai tersebut melampaui target, namun belum merincikan angka penerimaannya. Tercatat, target penerimaan cukai MMEA sebesar Rp5,9 triliun dan cukai rokok sebesar Rp158,8 triliun.

"Kinerja cukai rokok maupun minuman juga didorong oleh effort (upaya) penertiban rokok dan minuman ilegal," tuturnya.

Tahun depan, ia menuturkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan melanjutkan strategi tahun-tahun sebelumnya yakni meningkatkan sinergi dengan Direktorat Jenderal Pajak. Selain itu, pihaknya akan meneruskan gempuran terhadap rokok dan minuman ilegal.

Tahun lalu, penerimaan bea dan cukai juga mengalami surplus sebesar 105,8 persen. Penerimaan bea dan cukai sebesar Rp205,35 triliun dari target Rp194,10 triliun. Sedangkan tahun depan, pemerintah mematok target penerimaan bea dan cukai dalam APBN 2020 sebesar Rp221,9 triliun. (*)

BERITA REKOMENDASI