Penerimaan CPNS, Tingkat Kelulusan Tertinggi di Yogya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah mengevaluasi seleksi pertama penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017. Hasilnya didapati ketimpangan kelulusan CPNS di beberapa daerah.

Asal tahu saja, saat ini CPNS yang telah lolos seleksi administrasi gelombang pertama Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) akan lanjutkan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, seleksi CPN kemarin bisa dilihat beberapa daerah mengalami tingkat kelulusan yang berbeda baik di Jawa dan di luar Jawa. Dari tingkat kelulusan rata-rata di daerah itu ada yang sampai 3%-2%. Untuk kelulusan tertinggi terjadi di Yogyakarta tingkat kelulusan hingga 24%.

"Hal-hal ini jadi bahan evaluasi kami, baik dari segi sistem pendidikan mungkin nanti akan terlalu jomplang atau bagaimana, nanti kita kaji," tuturnya di Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Meski demikian, kata Asman, tingkat kelulusan masih sesuai dengan target atau dari jumlah formasi PNS kementerian atau lembaga masih sesuai. (*)

BERITA REKOMENDASI