Pengangguran Naik, 16 Juta Orang Indonesia Perlu Kerja

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Investasi/kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, saat ini ada 16 juta orang di Indonesia yang perlu kerja. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan oleh pemerintah saat ini.

Sebanyak 16 juta orang tersebut adalah mereka yang menganggur sejak sebelum pandemi sebanyak 7 juta orang. Lalu sebanyak 2,7 juta angkatan kerja tumbuh setiap tahun. Kemudian 6 juta pekerja korban PHK saat pandemi Covid-19.

“Jadi kita ada 16 juta (orang yang tidak bekerja),” kata Bahlil dalam Rilis Temuan Survei Indikator Politik, Jakarta, Minggu (9/1/2022).

Sementara itu penyerapan tenaga kerja yang bisa dilakukan pemerintah setiap tahun paling banyak hanya 1 juta orang. Terdiri dari penerimaan pegawai ASN, penerimaan anggota TNI dan Polri serta pegawai BUMN.

“Paling tinggi setahun hanya 1 juta, selebihnya dari sektor swasta” kata dia.

Untuk itu, investasi sektor swasta ini kata Bahlil harus didorong untuk penciptaan lapangan kerja yang berkualitas. Pemerintah menargetkan di 2022, dari investasi yang masuk akan ada 1,2 juta penyerapan tenaga kerja.

“Kala teori ekonomi ini kali 3 atau ada juga yang dikali 5. Jadi bisa menciptakan 4-5 juta lapangan pekerjaan,” kata Bahlil Lahadalia.

BERITA REKOMENDASI