Pengedar Ganja ‘Instagram’ Dikecrek Polisi

SLEMAN (KRjogja.com) – Jajaran Direktorat Narkoba Polda DIY berhasil menangkap pengedar narkoba jenis ganja yang berjualan melalui media sosial instagram. Tersangka berinisial RH (21) yang masih tercatat sebagai mahasiswa salah satu universitas swasta di Yogyakarta terang-terangan menawarkan paketan ganja di akun instagram pribadi miliknya. 

Wadir Narkoba Polda DIY AKBP Baron Muryanto dalam release di Mapolda DIY Rabu (16/11/2016) mengatakan tersangka mulai mengedarkan ganja sejak September 2016. Modusnya, memposting foto ganja di akun instagram dengan diikuti penawaran bagi para calon pembelinya. 

"Akun instagram tersangka ini dikunci jadi hanya pengikutnya saja yang bisa melihat sehingga  berhati-hati dalam memilih pengikut. Ia jual melalui akun tersebut dengan memposting foto ganja," terangnya. 

Terkuaknya modus tersebut menurut Baron diawali saat pihak Avsec Bandara Adisutjipto mengamankan barang kiriman tujuan luar kota yang ternyata berisi 2 kilogram ganja pada bulan September 2016. "Dari temuan tersebut kami lakukan penyelidikan dan dua bulan kemudian pada 8 November 2016 kami amankan tersangka RH di kostnya kawasan Pogung Lor," imbuhnya. 

Bersama tersangka, petugas mengamankan barang bukti berupa ganja kering seberat 2 kilogram dalam dua paket serta smartphone dan alat timbang elektrik.  Hukuman 20 tahun kurungan pun menanti jika terbukti melanggar pasal 114 ayat 1 UU RI no 35 tahun 2009 subsider pasal 111 ayat 2 UU RI no 35 tahun 2009 tentang narkotika.

"Tersangka mengaku sudah berhasil menjual 2 kilogram ke berbagai kota, saat ini kita dalami penyuplai barang yang disebutkan dari Medan," imbuh AKBP Wahyu Agung Jatmiko Kasubdit 1 Reserse Narkoba Polda DIY. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI