Pengembangan Ekowisata Kepri Mulai Bergerak

 

BATAM, KRJOGJA.com – Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup bersama Kementerian Pariwiata dan Pemprov Kepr fokus ke pengembangan produk ekowisata di area Kepri. Actionnya pun sudah dimulai dari Focus Group Discussion di Swiss Bell Hotel Batam, Rabu (19/9).

“Hasil yang luar biasa hanya bisa dicapai dengan cara yang tidak biasa!” sebut Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Rabu (19/9).

Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Hilman Nugroho, ikut mengamini. Dia bahkan siap membantu. 
“Indonesia punya tiga fungsi hutan. Semuanya bisa digunakan untuk keperluan pariwisata. Yang penting tidak merubah bentang alam, tidak merubah fungsi, dan manfaatkan 10% lahan. Hasilnya pasti memberikan dampak ekonomi yang besar,” terang Hilman. 

Contoh rilnya ada. Di Bali, ada Plataran L’harmonie Menjangan. Sementara Kepri, punya Telunas Resorts di Kecamatan Moro. Lewat ecowisata, Pantai Telunas juga pernah mengukir prestasi dunia sebagai hotel favorit wisatawan ketiga se-Asia dan ketujuh belas se-dunia. Penghargaan ini pernah diberikan oleh TripAdvisor, situs perjalanan terbesar di dunia pada 2012 silam. 

"Sekarang customer kami 95%-nya wisman. Eropa 53%, Amerika Serikat 15%, Singapura 30%. Sisanya Indonesia. Itupun orang yang pernah tinggal di luar negeri," ucap Direktur COD Telunas Resort, Idaman Laoli. (*)

 

BERITA REKOMENDASI