Pengungsi Korban Gempa Mulai Beraktifitas Lagi

BANDA ACEH (KRjogja.com) – Sejumlah pengungsi korban gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh mulai melakukan aktivitas sehari-hari. Mereka mulai disibukkan dengan pekerjaannya sehari-hari. 

Salah seorang pengungsi di Keude Pante Raja, Kecamatan Pante Raja, Pidie Jaya, Yusuf mengatakan, warga mulai melakukan aktivitas harian sejak pagi hari. Mereka keluar dari posko pengungsian dan bekerja. Mayoritas warga sekitar bekerja sebagai nelayan dan petani.

“Kami sudah mulai bekerja seperti biasa mencari rezeki harian. Tetapi, masih tinggal di pengungsian juga,” kata Yusuf, Senin (12/12/2016). Sejak pagi di puluhan tenda darurat yang didirikan warga mulai terlihat sepi. Selain kembali ke rumah untuk suatu keperluan, warga juga melakukan aktivitas sehari-harinya. Namun pada malam hari, warga tetap kembali ke pengungsian. 

Menurut Yusuf, warga masih belum berani kembali ke rumah akibat gempa susulan masih kerap terjadi di kabupaten itu. Mereka khawatir bila gempa terjadi, bangunan rumah akan roboh. Selain itu, sejumlah rumah warga mengalami rusak parah dan sebagian lainnya rusak ringan. “Masih takut. Rumah banyak yang retak. Jadi, kalau untuk kembali pulang dan tidur di rumah warga masih belum berani,” keluhnya. (*)

BERITA REKOMENDASI