Pengurus Pusat IPHI 2021-2026 Dilantik, JK Berharap Haji 2022 Berjalan Normal

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com– Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Dr (Hc) HM Jusuf Kalla berharap pelaksanaan ibadah haji tahun depan bisa mulai normal kembali dan jemaah dari Indonesia bisa berangkat haji. Sebab, animo umat Islam Indonesia untuk melaksanakan rukun Islam kelima sangat tinggi, sehingga setiap hari daftar antrian (waiting list) semakin panjang.

Hal ini disampaikan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 HM Jusuf Kalla pada pelantikan Pengurus Pusat IPHI periode 2021—2026 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (6/11/2021). PP IPHI Periode 2021-2026 dikukuhkan oleh H Ismed Hasan Putro selaku Ketua Umum terpilih dalam Muktamar VII Surabaya Agustus 2021. Sedang penyerahan pataka dilakukan Jusuf Kalla kepada pengurus PP PHI.

Sedang Dirjen Penyelenggaraan haji dan Umroh Kementerian Agama Hilman Latif menjelaskan, sampai saat ini Kementerian Agama terus melakukan komunikasi dan negosiasi dengan pihak Arab Saudi.

“Semoga komunikasi yang dilakukan mampu membawa kabar baik dan kita bisa memberangkatkan jemaah haji, karena sampai saat ini daftar tunggu ada yang sampai 40 tahun, di Sulawesi Selatan,” kata anggota Dewan Pembina PP IPHI ini.

Jusuf Kalla juga agar IPHI tetap istiqomah mewujudkan haji mabrur. Bagi yang sudah antri untuk berhaji, juga bersabar, karena salah satu syarat dan rukun haji adalah mampu. Artinya jika tidak mampu, maka kewajiban itu tak ada lagi. Kemampuan itu juga termasuk di dalamnya adalah situasi dan kondisi.

“Ada empat syarat untuk naik haji, yakni keimanan, keuangan, kesehatan, dan terakhir kuota. Walaupun tiga syarat pertama terpenuhi tetapi kuotanya penuh, tetap tak bisa naik haji,” kata pria yang juga Ketua PP Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI).

BERITA REKOMENDASI