Penimbun Sembako Siap-siap Dipenjara Lima Tahun

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Mabes Polri Kombes Asep Adi Saputra menegaskan, oknum yang melakukan penimbunan bahan makanan dapat terancam lima tahun bui.

Hal itu diungkapkan Asep meresponi sikap masyarakat yang melakukan pembelian sembako secara berlebihan pasca pengumuman konfirmasi kasus virus corona pertama di Indonesia. “Kalau pelaku usaha terbukti melakukan penimbunan, bisa ditindak,” kata Asep.

Ia menjelaskan bahwa kepolisian telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk melakukan penyelidikan terkait dengan penimbunan kebutuhan pokok itu.
Lihat juga: DPR Minta Pemerintah Tindak Tegas Pembuat Masker Palsu

Menurut Asep, hal tersebut diatur dalam Undang-Undang No 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan Pasal 107. Aturan tersebut dapat berlaku bagi pelaku usaha yang melanggar larangan menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu pada saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, atau hambatan lalu lintas perdagangan barang. “Ancaman 5 tahun dan denda Rp50 miliar,” kata dia. (*)

BERITA REKOMENDASI