Penting, Kenalkan Literasi Keuangan di Usia 7-12 Tahun

JAKARTA, KRJOGJA.com – Direktur Pembinaan SD Kemdikbud  kenalkan liiterasi keuangan sejak  anak usia 7- 12 tahun.

"Ini membantu menanamkan keterampilan pengelolaan uang dasar, khususnya pada anak-anak berusia antara 7 hingga 12 tahun,dan dapat disisipkan di berbagai mata pelajaran" kata Direktur Pembinaan SD Ditjen Dikdasmen Kemdikbud Khamim di Jakarta,Rabu (20/2 2019).

Dia menjelaskan ini memberikan dampak signifikan bagi peningkatan kesadaran masyarakat terutama anak-anak betapa pentingnya pengelolaan keuangan. "Tak dapat dimungkiri bahwa arus teknologi dan informasi punya peranan penting pada kehidupan masyarakat. Meski teknologi punya dampak besar pada sektor kehidupan, perkembangan teknologi dapat menjadi tantangan terhadap pribadi anak-anak" ujar Khamim.

Karena itu, kata Khamim Kemendikbud punya strategi membangun karakter anak bangsa melalui program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Tujuan dari Penguatan Pendidikan Karakter juga dilakukan untuk menciptakan generasi yang siap saing. Namun, juga dibekali dengan ahlak dan karakter yang mencerminkan budi pekerti pribadi bangsa kita.

"Peran strategi pemerintah untuk menjalankan hal ini didukung oleh Pepres No.87/2017 dari Presiden Jokowi untuk pembentukan karakter bangsa.  Penguatan pendidikan karakter merupakan pondasi dan roh utama dari pendidikan tingkat sekolah dasar di masa revolusi industri," katanya.

Sharia, Government Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo mengatakan, Prudential memahami bahwa sebuah bisnis yang bertanggung jawab adalah bisnis yang memiliki komitmen berkelanjutan untuk mengembangkan masyarakat serta lingkungan sekitarnya.

"Sesuai dengan fokus 'We Do Good' yang dicanangkan Prudential di awal tahun, kami terus berkomitmen mendukung usaha pemerintah dalam meningkatkan literasi serta inklusi keuangan masyarakat Indonesia, terutama anak-anak di tingkat sekolah dasar, salah satunya melalui program Cha-Ching," ujar Nini. (Ati)

BERITA REKOMENDASI