Penundaan Pemungutan Suara Terbanyak di Papua

Editor: Ivan Aditya

PAPUA, KRJOGJA.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menyatakan bahwa penundaan pemungutan suara Pilkada 2018 terjadi di 14 kabupaten/kota di empat provinsi, dengan paling banyak terjadi di Papua.

"Penundaan pemungutan suara, baik seluruh daerah pemilihan maupun sebagian, terjadi di 14 daerah," ucap Arief.

Merujuk dari data KPU per Jumat (29/06/2018) pukul 13.30 WIB, ada sepuluh kabupaten di Papua yang mengalami penundaan pemungutan suara. Sementara empat kabupaten lainnya berlokasi di Riau, Banten, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Di Papua, tepatnya Kabupaten Paniai, pemilihan bupati ditunda lantaran ada permasalahan pencalonan yang berimplikasi pada aspek keamanan. Akibatnya, distribusi logistik pemilu tidak tersalurkan sebagaimana mestinya. "Untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua di Paniai tetap dilaksanakan," ucap Arief.

Masalah berbeda terjadi di Kabupaten Nduga, Papua. Di wilayah tersebut, kata Arief, terjadi konflik sehingga logistik hanya tersalurkan di ibukota kabupaten dan mengakibatkan penundaan pemungutan suara. "Pemilihan gubernur Papua hanya terlaksana di 3 distrik," kata Arief. (*)

BERITA REKOMENDASI