Penyebar Hoaks Penyerangan Masjid Ditangkap

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Polisi menangkap pria bernama Fitriadin, diduga sebagai pelaku penyebaran hoaks penyerangan Masjid di Petamburan, Jakarta Barat.

Penyidik Sub Direktorat Dua unit III Dittipidsiber Bareskrim menangkap Fitriadin pada Kamis (30/05/2019) sekitar jam 12.30 Wib di pintu tol keluar di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Dari hasil interogasi sementara, pelaku memposting foto masjid tersebut bukanlah foto masjid yang ada di Indonesia melainkan foto masjid yang ada di negara Sri Langka," ujar Karopenmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

Dedi menjelaskan Fitriadin mengaku menyebar video tersebut atas inisiatif sendiri. Alasannya karena sebagai pendukung salah satu paslon presiden dan wakil presiden, dia emosi dengan kejadian rusuh di sejumlah titik di Jakarta pada 21-22 Mei. 

Fitriadin menyebarkan video tersebut melalui akun Facebook Adi Bima yang dikelolanya. Menurutnya, tindak pidana yang dilakukan tersangka adalah menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA. (*)

BERITA REKOMENDASI