Penyebaran Penyakit Pasca Tsunami Selat Sunda Jadi Ancaman

BANTEN, KRJOGJA.com – Agar tidak terjadi penyebaran penyakit, korban tsunami Selat Sunda harus segera diobati. Korban yang terluka, setelah dievakuasi perlu segera mendapat pertolongan.

Dampak tsunami Selat Sunda juga menyebabkan kerusakan dan pencemaran lingkungan. Lingkungan menjadi tidak sehat dan sumber penyakit. Bakteri penyakit bisa menyerang manusia.

"Karena itu, yang pertama dilakukan, segera evakuasi korban meninggal.  Jika korban meninggal lama dibiarkan bisa membawa dampak lingkungan (menyebarkan penyakit). Bagi korban terluka harus segera diobati," kata Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek saat meninjau lokasi korban tsunami Selat Sunda di Pandeglang, Banten, kemarin, Senin, 24 Desember 2018.

Menkes Nila juga mengingatkan warga terdampak tsunami Selat Sunda di Banten agar memerhatikan kesehatan lingkungan. Hal tersebut menjadi penting supaya tidak memperburuk keadaan masing-masing warga.

“Kita mencegah agar tidak terjadi penyakit yang bersumber dari lingkungan,” ucap Menkes Nila, dikutip dari Sehat Negeriku, Selasa (25/12/2018).(*)

BERITA REKOMENDASI