Perahu Sumbangan Pembaca ‘KR’ Mulai Dioperasikan

SATU dari tiga perahu sumbangan pembaca 'KR' untuk para nelayan Kampung Ketapang Desa Cigorondong Kecamatan Sumur Pandeglang Banten, sudah jadi. Bahkan Minggu (3/3/2019) pagi mulai dioperasikan untuk melaut. 

"Alhamdulillah. Hasilnya lumayan, ' kata Jarkasi, Ketua Kelompok Nelayan kepada 'KR' Minggu (3/3/2019) sore. 

Ternyata cukup banyak ikan yang berhasil ditangkap. "Jenis ikan ada banyar, kurisi, gerong. Campur pak," tambahnya.

Namun ikan hasil tangkapan perdana ini tidak dijual. Melainkan dimasak bersama-sama untuk tasyakuran. Harapannya, ikan hasil tangkapan selanjutnya akan lebih banyak lagi. 

Sementara dua perahu yang dibuat dengan bahan fiber bantuan pembaca 'KR' lainnya saat ini masih dalam proses finishing. Setelah sempurna nantinya akan menyusul untuk melaut oleh para nelayan setempat. 

Sebagaimana diketahui, Tim Dompet 'KR' Peduli Korban Tsunami Selat Sunda membantu 3 unit perahu lengkap (termasuk mesin dan alat-alat untuk menangkap ikan) kepada para nelayan Kampung Ketapang Desa Cigorondong Kecamatan Sumur Pandeglang Banten. Setiap perahu seharga Rp 42 juta (komplit termasuk mesin dan jaringnya untuk menangkap ikan)  Sebab akibat tsunami pada  Sabtu malam 22 Desember 2018 tahun lalu,  29 perahu mereka rusak.  Dari 33 Perahu tinggal 4.

Sedang perahu sumbangan pembaca 'KR' meski hanya tiga unit diharapkan nantinya akan bertambah. Sebab sebagian uang hasil penjualan ikan tangkapan akan disetorkan kepada kelompok dan setelah terkumpul dengan uang mencukupi akan dibelikan perahu lagi. Kegiatan mereka sehari-hari akan dimonitor oleh relawan ACT setempat.(Fie)

BERITA REKOMENDASI