Perilaku Disiplin 3 M Kunci Pengendalian Covid-19

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kunci utama pngendalian COVID-19 adalah perilaku disiplin dengan 3M (wajib pakai masker, wajib menjaga jarak dan wajib mencuci tangan pakai sabun).

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Achmad Yurianto ,di Jakarta Kamis (15/10 2020) mwenjelaskan kedisiplinan masyarakat terhadap penegakan protokol kesehatan adalah kunci utama dalam menekan penularan COVID-19.

Pasalnya, pandemi COVID-19 merupakan Kedaruratan kesehatan masyarakat yang harus menjadi perhatian di seluruh dunia, disebabkn oleh penyakit menular yang bisa dicegah dan dikendalikan.

“Paling depan adalah 3M, karena penyebabnya penyakit menular yang bisa dicegah. Rute penularan dari saluran nafas oleh karenanya yang dilindungi adalah pernafasan dengan masker,” kata Yuri.

Yuri menjelaskan bahwa sinergi antara hulu dan hilir haruslah kuat. Pada segi hulu, masyarakat harus dilibatkan secara aktif melalui pemberdayaan guna meningkatkan kesadaran akan kegiatan promotif preventif, sementara pada bagian hilir, Pemerintah menyiapkan sistem kesehatan yang terpadu guna mengantisipasi terjadinya lonjakan pasien yang membutuhkan layanan kesehatan.

BERITA REKOMENDASI