Peringati Hardiknas SIB Gandeng SILN Seluruh Dunia di Webinar Kurikulum Merdeka

Editor: Ary B Prass

 JAKARTA, KRJOGJA.com – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2022, Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) mengadakan webinar tentang Kurikulum Merdeka dan implementasinya.
“Implementasi Kurikulum Merdeka sifatnya sukarela, bertahap sesuai kemampuan dan kesiapan masing-masing satuan Pendidikan. Sekolah Indonesia Bangkok yang teridentifikasi di level 3, Merdeka Belajar Mandiri Berbagi artinya teridentifikasi dapat sebagai narasumber potensial di webinar yang mengumpulkan sekolah-sekolah lain. Pendekatannya bukan berdasarkan format dan regulasi, tetapi berdasarkan refleksi insitu, dalam konteks nyata,” jelas Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum & Asesmen Pendidikan, ketika mengawali paparannya, Rabu (11/5/2022).
Selanjutnya, terkait dengan Asesmen Nasional, Anindito menekankan pentingnya hal tersebut.
“Asesmen nasional menilai kinerja kepala sekolah dan pemerintah daerah. Jika pemerintah daerah (pemda) ingin nilainya bagus, maka pemda perlu mengidentifikasi sekolah yang paling membutuhkan bantuan, dan memberikan bantuan yang diperlukan,” papar Anindito sambil mengungkapkan tentang platform Merdeka Belajar yang dapat memberi keleluasaan kepada guru dalam mengajar, belajar dan berkarya.
Anindito juga menambahkan mengenai latar belakang dirumuskannya Kurikulum Merdeka, Kebijakan Merdeka Belajar, Asesmen Nasional dan Platform Merdeka Belajar.
“Data literasi membaca siswa Indonesia menunjukkan rendahnya kemampuan literasi, tidak meratanya kemampuan siswa, adanya kesenjangan antar daerah, dan ketertinggalan Indonesia pada kemampuan literasi dibanding negara lain,” ungkap Anindito, seraya menegaskan perlu adanya sekolah yang mewadahi anak-anak  berbakat meski kemampuan akademisnya kurang, sekolah yang aman, inklusif, holistik, serta menyenangkan.

BERITA REKOMENDASI