Peringati Tragedi G30S/PKI, Mabes TNI – Lanud Halim PK Kibarkan Bendera Setengah Tiang

JAKARTA, KRJOGJA.com – Peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) masih menjadi sejarah pahit NKRI. Hari ini, Sabtu (30/9/2017) kembali dikenang tragedi kemanusiaan yang memilukan itu dengan mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang di sejumlah lembaga dan instansi.

Seperti halnya di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, bendera setengah tiang dikibarkan sebagai bentuk penghormatan terhadap para pahlawan revolusi. Terlihat pula di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, sang saka Merah Putih berkibar setengah tiang.

Menurut Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto,pemasangan bendera setengah tiang merupakan agenda tahunan. "Ini dalam rangka memperingati hari G30S sekaligus menghormati para pahlawan revolusi kita," kata Wuryanto. 

Pemasangan bendera setengah tiang pada hari ini, ujar Wuryanto, bukan hanya dilakukan di dua tempat tersebut melainkan juga di lembaga atau instansi, serta daerah lainnya termasuk di rumah-rumah warga.

"Ini kegiatan rutin tahunan dan tidak hanya dilakukan di Lanud Halim saja. Coba perhatikan setiap rumah-rumah atau pun perkantoran memasang bendera setengah tiang. Rumah-rumah sekitar Cibubur juga memasang bendera setengah tiang," tuturnya. (*)

BERITA REKOMENDASI