Perkuat Budi Pekerti, Kemendikbud adakan Pramuka Penggalang

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kegiatan Pramuka adalah ekstrakurikuler wajib di sekolah. Banyak manfaat yang bisa diambil bagi siswa yang mengikuti kegiatan ini. Alasan tersebut yang mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk menyelenggarakan Pramuka Penggalang di tingkat nasional.

“Dengan mengikuti kegiatan pramuka, siswa akan diajarkan untuk berpikir maju, kedisplinan serta mengenal jati diri bangsa,” tutur Direktur SMP, Mulyatsyah ketika membuka kegiatan Pramuka Penggalang jenjang SMP di Jakarta, Senin (31/8/2020) malam.

Mulyatsyah berharap, dengan mengikuti kegiatan ini, para siswa akan semakin memahami nilai nasionalisme dan cinta tanah air. “Gerakan kepanduan semenjak Pramuka Indonesia berdiri tanggal 14 Agustus 1961, sangat menekankan pada pembentukan karakter. Esensi kegiatan ini bukan sekadar seremonial atau aktivitas rutin tapi harus dijadikan gerakan bagi SMP untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme,” pesannya.

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, kegiatan Pramuka Penggalang yang bertemakan ‘Tetap Unggul dan Berkarya Saat Belajar dari Rumah’ tahun ini, diselenggarakan secara virtual. Mulyatsyah sangat mengapresiasi antusiasme siswa dan tenaga pendidik yang ingin menyaksikan acara ini.

“Karena animo yang lebih besar dari bayangan maka angkatan ketiga dan berikutnya akan di-streaming melalui Instagram (IG) live dan YouTube. Bagi yang tidak terundang untuk ikut acara ini secara langsung, tetap bisa menyimak acara ini melalui kanal Youtube Peserta Didik Direktorat SMP dan IG @pesertadidik.dit.smp,” ucap Koordinator Peserta Didik SMP, Maulani Mega Hapsari dalam laporannya.

Kegiatan Pramuka Penggalang jenjang SMP diikuti oleh siswa SMP, guru pendamping, dan unsur dinas pendidikan di 63 kabupaten/kota dari 27 provinsi dengan total peserta sebanyak 567 orang. Satu sekolah yang berpartisipasi terdiri dari lima orang siswa dan satu guru pendamping.

BERITA REKOMENDASI