Permendikbud Larangan Kekerasan Seksual Segera Diterbitkan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan segera menerbitkan Peraturan Mendikbud (Permendikbud) mengenai pelarangan kekerasan seksual.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat acara “Ngobrol Intim Yang Muda, Yang Berjuang untuk Setara Bersama Mas Menteri” yang digelar Selasa (27/4/2021) malam.

“Permendikbud ini akan segera terbit dalam waktu dekat. Buat kita momentum keberanian dalam mengeluarkan Permendikbud ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kita punya tim di Kemendikbud yang khusus menangani isu ini dan juga mendorong penyelarasan dengan Kementerian lain. Itu yang rumit dan membuat Permendikbud itu agak lama,” ujarnya.

Tantangan lainnya dalam penyusunan Permendikbud tersebut adalah banyaknya konsensus yang dibangun dengan instansi lain. Sehingga tidak terjadi konflik perundang-undangan, penyelarasan hukum, regulasi dan lainnya.“Ini tidak mudah dan tujuannya agar peraturan satu dan lainnya tidak tumpang tindih,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI