Permudah Transaksi Remitansi, BRI Jalin Kerjasama dengan Western Union

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengumumkan kerja sama remitansi dengan salah satu perusahaan Penyedia Layanan Transfer Dana Global yaitu Western Union pada Selasa (20/4) di Jakarta. Kerjasama berupa penyediaan layanan remitansi yang memungkinkan nasabah yang berada di Indonesia dapat menerima pengiriman dana Western Union dari luar negeri di lebih dari 9 ribu unit kerja BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mengenai mekanisme pengiriman, pengirim yang berada di luar negeri dapat mengirimkan dana menggunakan digital service Western Union yang tersedia di 75 negara, atau melalui Agen Western Union yang berada di seluruh dunia. Sedangkan untuk pengiriman outgoing transfer dari BRI di Indonesia, diperkirakan akan mulai berjalan di tahun ini.

Senior Executive Vice President (SEVP) Treasury & Global Services BRI, Listiarini Dewajanti menyatakan bahwa BRI selalu berfokus untuk menjaga pertumbuhan bisnis remitansi. Selain itu, BRI merupakan salah satu bank yang diperhitungkan dalam bisnis remitansi. “Kami selalu mencoba untuk meningkatkan transaksi remitansi, khususnya dengan menjalin kerjasama dengan perusahaan top di industri ini, dalam hal ini Western Union. Semoga Kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak,” tutur Listiarini.

Gayung bersambut dari pihak Western Union, Head of Network Singapore, Indonesia, and North Asia Western Union, K. Premmananth, menyatakan bahwa pihaknya sangat bersemangat dengan kolaborasi yang dilakukan dengan BRI dalam rangka menyediakan layanan dari Western Union. “Jaringan global Western Union yang sangat luas, dengan cakupan lebih dari 200 negara, mengindikasikan bahwa kami merupakan ahli dalam mengarahkan dan mentransformasikan beragam kompleksitas di bidang cross-border money transfer menjadi suatu pengalaman yang berharga untuk nasabah dalam menerima dana dari keluarga dan rekan yang berada di luar negeri. Diharapkan kolaborasi ini dapat berjalan dengan sukses”, jelas Premmananth.

Berdasarkan data World Bank, diperkirakan jumlah pengiriman dana dari luar negeri ke Indonesia sekitar USD $9,8 Miliar atau sekitar Rp 142 triliun (kurs USD/IDR 14.500). Jumlah tersebut terbilang besar dan dibutuhkan dukungan jaringan yang luas untuk memudahkan masyarakat mengambil uang kiriman dari luar negeri.

Dengan jumlah unit kerja lebih dari 9 ribu outlet dan tersebar di seluruh Indonesia, BRI optimistis dapat memberikan layanan terbaik khususnya bagi para penerima dana yang membutuhkan pengambilan dana secara cepat dan efisien. Terlebih lagi masyarakat tengah bersiap untuk menyambut datangnya lebaran, hari dimana sanak keluarga mengirimkan uang untuk keluarga termasuk dari luar negeri.

Adapun kedepannya, untuk memberikan layanan yang lebih baik. BRI dan Western Union berencana untuk menyediakan layanan pengiriman dana dari Indonesia ke luar negeri. (*)

BRI

BERITA REKOMENDASI