Perppu Ormas Bentuk Komitmen Mempertahankan Pancasila

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, pengesahan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas menjadi undang-undang merupakan penegasan komitmen pemerintah mempertahankan Pancasila.

"Perppu Ormas ini merupakan penegasan komitmen pemerintah terhadap ideologi bangsa Indonesia," ujar Tjahjo dalam sidang paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Tjahjo berkata, Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan suatu hal yang sudah final. Menurutnya, demokrasi di Indonesia adalah demokrasi berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Menurut Tjahjo, Pancasila merupakan alat politik pemerintah untuk memberangus hal-hal yang bertentangan dengan konstitusi dan menyimpang dari ideologi bangsa. Lebih lanjut, Tjahjo menyebutkan dua alasan pemerintah dalam menyikapi penerbitan Perppu Ormas.

Pertama, penerbitan Perppu terkait keberadaan ormas yang mengembangkan paham dan ideologi anti-Pancasila dan UUD 1945. Namun, ormas tersebut bukan mengembangkan paham atheisme, komunisme, marxisme, dan leninisme.

Kedua, penerbitan Perppu sebagai bentuk kewajiban pemerintah melindungi kedaulatan serta kesatuan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kedaulatan disebut memiliki tugas dasar untuk melindungi individu, harta benda, dan untuk menjalankan fungsi pemerintah. (*)

BERITA REKOMENDASI