Perppu Terorisme Dinilai Tak Perlu Diterbitkan

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) penerbitan Perppu Terorisme bukan hal yang diperlukan. Menurut JK, masyarakat saat ini hanya perlu menunggu DPR menyelesaikan dan mengesahkan Revisi UU tersebut menjadi UU.

"Ndak perlu (Perppu). Tanpa itu pun, tetap (hukuman untuk teroris) dijalani. Kan, jelas teroris itu siapa, dia mengancam, membunuh tanpa alasan," ujar JK.

Proses Revisi Undang Undang Tindak Pidana Terorisme yang sudah berjalan dua tahun, kembali mendapat sorotan setelah terjadi teror bom di Surabaya dan Sidoarjo pada Minggu dan Senin (14/05/2018) lalu. Sejumlah kalangan termasuk Polri meminta pemerintah dan DPR mempercepat proses penyelesaian RUU Terorisme.

Sementara Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyebut RUU Terorisme terbengkalai karena pemerintah meminta menunda pengesahan RUU tersebut. Selain itu, alotnya penyelesaian RUU Terorisme juga ditengarai karena ada poin-poin yang belum disepakati, yakni soal pelibatan TNI dalam penanggulangan terorisme dan definisi terorisme. Terkait pelibatan TNI, JK tak menolak hal tersebut. (*)

BERITA REKOMENDASI