Perpres Kendaraan Listrik Siap Dibahas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan Peraturan Presiden (Perpres) tentang kendaraan listrik sudah hampir sempurna. Draf Perpres itu diagendakan masuk ke rapat terbatas (ratas) pada awal Januari 2019.

"Kalau saya tidak keliru awal Januari mestinya sudah ratas. Saya juga sudah lapor Presiden," kata Luhut.

Menurut Luhut draf tersebut masih dalam tahap harmonisasi usai digodok oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Perindustrian. Draft diketahui tiba di kantornya sejak Oktober 2018.

Kata Luhut tidak ada masalah pada isi draf, namun ia berpikir untuk memasukan poin tambahan di dalamnya, yaitu tentang mobil hidrogen.

Luhut menyebut ide tersebut muncul setelah kunjungnnya ke prinsipal Hyundai di Korea Selatan pekan lalu. Diketahui dalam kunjungan itu Luhut sempat melihat-lihat produk kendaraan ramah lingkungan milik Hyundai, salah satunya mobil hidrogen.

Kunjungan ke negeri gingseng itu juga punya agenda 'negosiasi' antara pemerintah Indonesia bersama Hyundai terkait investasi di Tanah Air. Luhut mengatakan 'kesaktiannya' bakal membantu Hyundai mengurus izin-izin investasi. (*)

BERITA REKOMENDASI