Perpusnas Kembangkan Indeks Literasi

SINGKAWANG, KR JOGJA.com – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI terus berupaya melakukan percepatan pengembangan tingkat kegemaran membaca dan indeks literasi masyarakat Indonesia. Ini dilakukan melalui sinergitas di tingkat pusat dengan kementerian terkait, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi saat menjadi narasumber dalam kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Senin (5/4) menyatakan pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021 untuk pengembangan perpustakaan, pembudayaan kegemaran membaca, serta pelestarian dan pengembangan warisan dokumenter bangsa.

Selain itu, sinergi dilakukan dengan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi dengan terbitnya Permendesa PDT & T Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

BERITA REKOMENDASI