Perpusnas Sempurnakan Program Literasi Informasi

JAKARTA, KRJOGJA.com –Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi mengatakan, dalam  rangka menyempurnakan pedoman program literasi informasi untuk kesejahteraan, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan focus group discussion (FGD).

FGD meminta masukan untuk operasionalisasi program ini dan melibatkan berbagai elemen masyarakat, yakni pustakawan, akademisi, pegiat literasi, forum taman bacaan masyarakat, hingga umum. Draf pedoman disosialisasikan untuk mendapatkan tanggapan dari seluruh masyarakat dan menjadi acuan bagi perpustakaan di Indonesia dalam pelaksanaan program literasi informasi untuk kesejahteraan.

“ Literasi merupakan faktor penting dalam membangun pondasi yang kokoh bagi terwujudnya masyarakat yang berpengetahuan dan berkarakter. Untuk membangun masyarakat yang demikian, literasi harus dipahami secara luas yakni kemampuan kognitif individu dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengintepretasikan informasi yang diperoleh untuk diterapkan dalam aktivitas yang bermanfaat secara sosial, ekonomi, dan kesejahteraan. Karenanya, literasi tidak hanya dimaknai sebagai kemampuan dalam membaca, menulis dan berhitung,” kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Deni Kurniadi pada acara FGD yang diselenggarakan secara daring di,  Jakarta pada Senin (16/11).

BERITA REKOMENDASI