Persiapkan Pertemuan Tatap Muka, KPAI Beri Apresiasi Daerah Ini

Retno menambahkan, Pemprov Jawa Tengah juga melakukan persiapan rencana pembukaan sekolah tatap muka melalui koordinasi daerah yang sistematis, bahkan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah melayangkan surat resmi kepada KPAI untuk memberikan masukan dan pertimbangan PTM di masa pandemi untuk wilayah Jawa Tengah. “Hal ini sangat kami apresiasi karena kepedulian Pemprov Jateng dalam melindungi anak-anak saat PTM di masa pandemi covid-19”, ujarnya.

Sehubungan dengan surat tersebut, KPAI akan menindaklanjuti dengan melakukan pengawasan langsung ke Jawa Tengah, tepatnya di kabupaten Wonosobo pada 30 Maret – 1 April 2021. . Sebelumnya, pada 2020 KPAI juga telah melakukan pengawasan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, yaitu kabupaten Tegal, Kota Magelang, Kota Semarang dan kota Solo. Seluruh hasil pengawasan akan dijadikan dasar bagi KPAI untuk memberikan masukan untuk Pemprov Jawa Tengah dalam menggelar PTM di masa pandemic.

Tes Genose Sebelum PTM di Ponorogo dan Majalengka

Beberapa sekolah yang mulai membuka sekolah tatap muka pada Maret 2021, melakukan tes covid-19 kepada seluruh warga sekolah dengan menggunakan tes Genose. Alat Genose dibeli dengan uang sekolah bagi keperluan mendeteksi pendidik, tenaga pendidikan dan pendidik apakah positif atau negative covid-19. Contohnya di SMK PGRI 2 Ponorogo, Jawa Timur dan beberapa sekolah di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. “KPAI mengapresiasi inisiasi tes covid-19 ke warga sekolah sebelum gelar PTM dengan menggunakan teknologi murah karya anak bangsa sendiri”, ujar Retno.

Genose adalah alat yang dapat mengidentifikasi virus corona dengan cara mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC). VOC terbentuk lantaran adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama napas. Orang-orang yang akan diperiksa menggunakan GeNose, terlebih dahulu diminta mengembuskan napas ke tabung khusus. Sensor-sensor dalam tabung itu lalu bekerja mendeteksi VOC. Kemudian, data yang diperoleh akan diolah dengan bantuan kecerdasan buatan hingga memunculkan hasil. Dalam waktu kurang dari 2 menit, GeNose bisa mendeteksi apakah seseorang positif atau negatif Covid-19.

BERITA REKOMENDASI