Pertama di Dunia, Indonesia Negara Pertama Pemilik ‘FLEGT’

JAKARTA (KRjogja.com) – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meraih hak untuk menerbitkan lisensi Penegakan Hukum Kehutanan, Tata Kelola, dan Perdagangan atau Forest Law Enforcement Governance and Trade (FLEGT).

Hal ini didapat Indonesia setelah melalui negosiasi panjang dengan Uni Eropa melalui voluntary Partnership Agreement pada 2013 dan ratifikasinya pada 2014.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, lisensi ini sebagai bentuk pengakuan dunia atas capaian Indonesia dalam mengembangkan sistem sertifikasi kelestarian dan legalitas kayu.

Hal ini harus dijadikan pedoman untuk produk berbasis sumber daya alam lain guna meningkatkan daya saing Indonesia di pasar global.

"Sekaligus memperlihatkan komitmen Indonesia dalam memanfaatkan sumber daya alam secara lestari," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/11/2016) malam.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyatakan, FLEGT merupakan bukti nyata dari upaya pemerintah dan pelaku usaha di Tanah Air dalam memerangi pembalakan liar di Indonesia.(*)

BERITA REKOMENDASI