Perusahaan Amerika Pindahkan Pabrik dari China ke Jateng

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – PT CDS Asia (Alpan Lighting), sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak di bidang industri lampu tenaga surya bakal merelokasi pabriknya dari China ke Jawa Tengah. Total nilai investasi perusahaan tersebut disebut mencapai US$14 juta atau sekitar Rp205,7 miliar (Kurs Rp14.694 per dolar).

President and CEO Alpan Lighting Danny Sooferian mengatakan relokasi dilakukan karena pihaknya diberi kemudahan investasi oleh Pemda Jawa Tengah.

“Ini karena Pak Gubernur yang memudahkan dan memfasilitasi perusahaan kami untuk bisa berinvestasi di Jawa Tengah. Kami berharap kebijakan ini dilanjutkan karena kami sudah sangat dibantu oleh tim bapak (gubernur),” kata Danny.

Danny mengatakan sebelum memutuskan untuk merelokasi pabrik ke Indonesia, sebenarnya pihaknya telah melakukan survei ke sejumlah negara seperti Vietnam, Thailand, dan Filipina. Tapi, perusahaan akhirnya memutuskan untuk memilih Indonesia.

“Kami memilih Indonesia, terutama Jawa Tengah (karena) alasan lebih khusus; karena Jateng memiliki kapasitas pekerja yang bagus dan ada dukungan dari pemerintah daerah,” ujarnya. (*)

BERITA REKOMENDASI