Perusahaan Diimbau Laporkan Jumlah Pekerja Asing

Editor: Ivan Aditya

PURWAKARTA (KRjogja.com) – Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Purwakarta menghimbau kepada semua perusahaan industri yang menggunakan tenaga kerja asing untuk melaporkan keberadaan pekerja asingnya ke Disnaker setempat. Pasalnya, keberadaan pekerja asing yang bekerja di perusahaan yang ada di Purwakarta perlu diketahui agar tidak terjadi kesimpang siuran.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengawasan Disnakersostrans Purwakarta, Haris Gunarto terkait dengan keberadaan sejumlah pekerja asing di PT Metro Pearl Indonesia (PT MPI). Menurutnya, keberadaan pekerja asing yang bekerja di perusahaan yang ada di Purwakarta memiliki kewajiban untuk melaporkan kepada Disnaker setempat.

"Ini perlu agar pengawasan terhadap para pekerja asing yang bekerja di berbagai perusahaan yang ada di Purwakarta agar lebih mudah," katanya di Purwakarta, Senin (28/11/2016).

Diakuinya, masalah legalitas pekerja asing tidak semuanya diurus di kantor Disnaker Purwakarta tapi banyak juga yang mengurus administrasinya di Departeman Tenaga Kerja maupun provinsi.

Alangkah baiknya, kata Haris, perusahaan yang mempekerjakan pekerja asing melaporkan keberadaan mereka ke Disnaker Purwakarta.

Dijelaskannya, pekerja asing yang bekerja khususnya di Purwakarta harus mengantongi dokumen seperti Surat Penggunaan Tenaga Kerja Asing (SPTKA), ijin tinggal (IMTA) maupun IMTAs, KITAS dan lainnya dikeluarkan oleh pemerintah pusat, sedangkan perpanjangan ijin tinggal bisa dilakukan di daerah. Namun demikian walaupun dokumen untuk pekerja asing itu berasal dari pusat tapi pihak perusahaan berkewajiban melaporkan keberadaan pekerja asing kepada Disnaker. (*)

BERITA REKOMENDASI