Pesan Tito untuk Kepala Daerah

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJa.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta para kepala daerah yang wilayahnya terdampak banjir untuk tak saling menyalahkan. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo.

Hadi mengatakan, Tito meminta Pemkot Bogor, Pemkot Tangerang, Pemkot Bekasi, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Jawa Barat, dan Kementerian PUPR untuk berembuk setelah penanganan banjir. Instansi terkait itu harus membahas solusi banjir baik jangka menengah maupun jangka panjang.

"Kita harus adakan suatu perencanaan, baik itu jangka menengah, panjang, secara terpadu. Sehingga kita inginkan tidak ada lagi ketika ada hal-hal (banjir seperti ini), 'ini kesalahan dari kabupaten yang di atas', 'ini kiriman', dan sebagainya," kata Hadi.

Hadi melanjutkan, Tito menyebut pembangunan waduk Ciawi menjadi salah satu solusi yang disiapkan pemerintah pusat. Kemudian diharapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bisa bekerja sama dalam mewujudkan rencana itu.

Tito, kata Hadi, juga berpesan agar para kepala daerah mengutamakan program mitigasi bencana di masa mendatang. Kemudian pimpinan daerah juga diminta segera membuat peta rawan bencana. (*)

BERITA REKOMENDASI