Pesawat Amerika Terbang di Langit Jawa Timur

Editor: Ivan Aditya

SURABAYA (KRjogja.com) – Sebuah pesawat intai milik Angkatan Laut Amerika Serikat jenis Poseidon P-8 terpantau berputar-putar di langit Jawa Timur selama sekitar 1,5 jam, Kamis (05/08/2016). Pesawat intai yang dikenal paling canggih milik negara Paman Sam dan juga memiliki kemampuan anti-kapal selam itu melakukan manuver melepaskan sonar pelampung ke beberapa titik laut di sekitar Madura.

Beberapa saat pesawat tersebut kembali melakukan manuver dan kemudian mendarat di Puspenerbal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur. Pesawat tersebut adalah salah satu dari alutsista yang dilibatkan dalam Latihan Bersama antara Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) dan Angkatan Laut Amerika (United States Navy atau USN) yang bersandi ‘Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016’. Latihan bersama tersebut dilaksanakan di Surabaya pada 2-8 Agustus 2016.

Pimpinan latihan Leutenant Commander (Mayor) Karl Muray mengatakan latihan itu digelar memang salah satunya bertujuan untuk mengenalkan Poseidon P-8 yang merupakan modifikasi pesawat Boeing 737-800ERX yang menyatukan rangka pesawat dengan mesin jet berbaling-baling turbo high-bypass. (*)

BERITA REKOMENDASI