Petani Dilindungi Asuransi, Ini Kata Mentan

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, telah menjalankan asuransi bagi petani padi dan peternak sapi. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar memperhatikan kesejahteraan petani hingga peternak.

"Atas izin bapak Presiden kami anggarkan asuransi untuk kambing dan domba. Kami laporkan, baru-baru ini terjadi kekeringan dan banjir hama. Tapi semua kerugian ditanggung asuransi," ungkapnya di Cibubur, Jaktim, Minggu (24/9/2017).

Bahkan, dia mengatakan, di daerah Bojonegoro, petani senang jika banjir datang menimpa sawah mereka. Hal ini dikarenakan semua biaya dan kerugian ditanggung oleh Pemerintah. Sehingga hal ini dianggap tidaklah baik.

"Bahkan ada yang menarik di Jawa Timur Bojonegoro. Banjir datang, petaninya senang. Bahkan dia mengatakan, salam hormat untuk bapak Presiden. Kalau bisa banjir datang terus menerus," jelasnya.

Amran menilai bukan hanya asuransi petani saja, tapi asuransi untuk hewan sapi juga. Di mana nantinya dengan asuransi ini 80% ditanggung oleh pemerintah dan 20% ditanggung masyarakat.

"Dan yang dibayar untuk sapi hanya Rp40.000, 80% ditanggung pemerintah 20% ditanggung peternak per ekor per tahun. Kalau beras gabah hanya Rp36.000 per ha," tukasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI